DPMPTSP Kabupaten Lebak Mengadakan Bintek Sistem OSS

DPMPTSP Kabupaten Lebak Mengadakan Bintek Sistem OSS
September 5, 2019 No Comments Uncategorized adminptsp

Lebak, 04/09/2019) DPMPTSP Kabupaten Lebak mengadakan Bimbingan Teknis (Bintek) Sistem Online Single Submission (OSS) pada hari Selasa, 03 September 2019 di Ruang Rapat Terbatas Setda Lebak. Bintek Sistem OSS ini diikuti oleh perwakilan dari 28 kecamatan se-Kabupaten Lebak dengan harapan kedepannya para pelaku usaha yang berada di wilayah kecamatan dapat mendaftarkan usahanya melalui sistem OSS. Bintek Sistem OSS ini dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala DPMPTSP Alkadri, S.IP, M.Si, dengan narasumber dari BKPM RI.

Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Lebak
narasumber oleh BKPM RI

Perizinan dalam Sistem OSS ini menggunakan satu portal nasional https://www.oss.go.id/oss/, satu identitas perizinan berusaha (NIB) dan satu format ijin berusaha (Izin Usaha dan Izin Operasional/Komersial). Perizinan berusaha diterbitkan berdasarkan komitmen yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha dan pemenuhan komitmen diselesaikan di K/L dan atau pemda. Saat ini jumlah perizinan yang tercantum pada lampiran PP 24/2018 per sektor berjumlah 488 izin.

Dalam Bintek Sistem OSS tersebut juga dijelaskan mengenai panduan dalam melakukan pendaftaran perizinan yang dimulai dengan pembuatan dan aktivasi akun OSS, pendaftaran izin usaha dan diujicoba melalui akun OSS yang telah diaktivasi.

Kemudian dengan mendaftar izin usahanya melalui akun OSS yang sudah diaktivasi.

KPM RI dalam waktu dekat akan segera meluncurkan sistem OSS versi 1.1 yang terbaru, dimana pada versi ini terdapat beberapa fitur yang lebih informatif dan sudah diintegrasikan format isian  dan legalitas jenis badan usaha (CV, Firma, dll) serta badan hukum (PT, Yayasan dan Koperasi) sehingga lebih memudahkan pelaku usaha dalam mendaftarkan usahanya. (adm/erd)

About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *